Sabtu, 19 Januari 2013

Mengatur Sebuah Paragraf Di Microsoft Word 2007


Mengatur Sebuah Paragraf

Hal yang diatur pada suatu paragraf:
·         Aligment (pengaturan tata letak paragraf pada media kertas)
1.      Align left (rata ke kiri) : biasa digunakan pada penulisan sebuah surat resmi
2.      Align Right (rata ke kanan) : digunakan pada penulisan custom (bebas sesuai keinginan penulis).
3.      Center (rata tengah/title/judul) : digunakan hanya pd sebuah judul.
4.      Justify (rata kiri dan kanan) : digunakan pada sebuah penulisan sebuah buku, koran, karangan dll.
* Jika icon aligment tidak muncul maka cara kedua utk mengaturnya adalah dengan mem-blok paragraf, kemudian klik kanan pada paragraf tersebut & pilih menu paragraph. Maka akan muncul Bar baru, kemudian pada option Aligment pilih tata letak yg diinginkan.

·         Line Spacing.
Adalah jarak antar baris pada sebuah paragraf dalam ukuran line, jarak yang bisa diatur adalah:
·         1,0       digunakan pada surat resmi
·         1,5       digunakan secara custom (sesuai keinginan penulis)
·         2,0       digunakan pada penulisan skripsi / thesis
Cara lain utk mengatur spacing adalah dengan cara mem-blok paragraf yang akan diatur:
Ctrl + 1            : untuk spacing ukuran 1,0
Ctrl + 5            : untuk spacing ukuran 1,5
Ctrl + 2            : untuk spacing ukuran 2,0
Jika spacing yg disediakan oleh program default tdk sesuai, maka spacing dpt diatur sendiri dgn ukuran yg diinginkan. Dengan cara memblok paragraf, kemudian klik kanan pilih menu Paragraph, kemudian pada sub menu Line Spacing diatur jarak yg diinginkan.

·         Spacing
Jarak antar paragraf satu dengan paragraf kedua, satuan ukuranx adalah pitch (pt). Secara default (standard) spacing yang diatur adalah bernilai 0 (nol). Langkah2 mengatur Spacing sama dengan mengatur Line Spacing. Cara mengatur Spacing:
1.      Blok Paragaraf yang akan diatur, klik kanan pada hasil blok kemudian pilih Paragraph.
2.      Lalu atur spacing yang diinginkan.

·         Tabulasi /increase & decrease.
Digunakan untuk memberi jarak tambahan pada sebuah paragraf, jarak pengetikan yang lebih masuk kedalam sebuah paragraf. Berfungsi untuk membedakan antara paragraf satu dengan yang lain, atau untuk membedakan jika ada tema penulisan yg berbeda pada sebuah/beberapa paragraf.
Dengan cara menekan tombol (Tab) pd keyboard pd saat mengawali sebuah paragraf, tab yg terbentuk hanya 1 baris
1.      Increase: tabulasi tambahan pd paragraf, tab yang terbentuk adalah sebanyak baris yg di blok.
2.      Decrease: kebalikan dari increase, atau digunakan untuk mengurangi increase yg berlebih.

* Yang dimaksud paragraf pd MS. Word adalah pengetikan lebih dari Satu baris yang masih belum dipisahkan dengan proses Enter. Jika ada proses Enter maka baris setelah enter tersebut dianggap sudah berganti paragraf.

1 komentar: